Jumat, 04 September 2020
381

Wagub Tutup Latsar CPNS Sulut Tahun 2020

Bertempat di Ruang Mapalus Kantor Gubernur, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw menutup secara resmi pelatihan dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) gelombang 1 dan 2 Pemprov Sulut Tahun 2020, Kamis (3/9/2020).

Dalam sambutannya Wagub Kandouw menerangkan bahwa dengan selesainya latsar CPNS, bukan berarti para peserta latsar telah selesai dengan proses belajar. Setiap tahap pendidikan dan pelatihan yang dilalui merupakan langkah ke tahap berikutnya.

Karena itu diharapkan setiap ASN tidak hanya memiliki kecerdasan namun harus menjunjung tinggi integritas yang harus diinternalisasikan dan dilaksanakan dalam pelaksanaan tugas keseharian sebagai seorang ASN.

Bagi para peserta latsar yang sebagian besar merupakan tenaga guru, Wagub mengingatkan agar “Jangan pernah ada peribahasa guru kencing berdiri, murid kencing berlari. Jangan terjadi itu. Guru harus beri contoh, beri teladan dan beri role model. Jadikanlah integritas sebagai yang utama karena tanpa itu dedikasi, loyalitas tidak akan jalan,” kata Wagub.

Lebih lanjut Wagub juga meminta seluruh CPNS menjauhi sifat konsumtif setelah dinyatakan resmi sebagai PNS.
Wagub mengingatkan untuk merubah mindset konsumtif. Menurutnya bukanlah suatu hal yang bijak apabila sudah seratus persen PNS, lalu mengambil cicilan kredit mobil atau motor.

Pada penghujung sambutannya, Wagub meminta kepada peserta latsar untuk terus mengembangkan kemampuan untuk menunjang karir di masa depan.

“Jangan berpikir proses belajar selesai. Seorang PNS harus berdayakan diri mengikuti perkembangan jaman yang makin hari makin canggih,” tutup Wagub.

Tampak hadir, Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Gemmy Kawatu, Kepala BPSDM Roy Tumiwa dan Kepala BKD Femmy Suluh.(Dkips/ik)