Rabu, 07 April 2021
88

Sebelum Ramadhan, Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla Lantik Pengurus PMI Sulut Periode 2021-2026

 


Manado - Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Utara Periode 2021-2026 rencananya akan segera dilantik dalam waktu dekat. Ketua PMI Sulut yang beberapa waktu lalu terpilih menggantikan Steven Kandouw, Annie Dondokambey menyampaikan hal ini usai dirinya mengikuti kegiatan Ground Breaking Pembangunan Gedung Regional PMI di eks-lokasi Kairagi Manado, Rabu (7/4/2021).

Menurut Annie Dondokambey, pelantikan Pengurus PMI Sulut Periode 2021-2026 akan dilakukan langsung oleh Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla. Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan ke-12 RI ini direncanakan akan melantik pengurus baru PMI Sulut sebelum Ramadhan tahun ini.

"Rencananya sebelum puasa Pak Jusuf Kalla akan melantik Pengurus PMI Sulut yang baru terpilih," ujar Annie.

Diketahui, Annie Dondokambey terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PMI Sulut Periode 2021-2026 pada Maret lalu. Ia sebelumnya menjabat Ketua Giat Donor Darah PMI Sulut.

Ketua PMI Sulut sebelumnya, Steven Kandouw yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulut dinilai telah berperan besar dalam memajukan PMI Sulut dalam kurun waktunya sebagai Ketua, yakni pada tahun 2016 hingga 2021. Terhitung, total 15 tahun dijalaninya sebagai pengurus PMI Sulut.

Steven kemudian mengambil keputusan untuk menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan di tubuh PMI Sulut kepada Annie Dondokambey. Steven jugalah yang berperan dalam mengajukan nama Annie sehingga berhasil terpilih sebagai Ketua PMI Sulut.

"Pemimpin yang baik, harus mampu menyiapkan penggantinya," ujar Steven Kandouw mengutip kalimat bijak Gubernur Olly Dondokambey.

Hal inilah menjadi latar belakang alasan Steven Kandouw sehingga ia merelakan jabatan Ketua PMI Sulut yang telah diembannya selama bertahun-tahun.

Menurut Annie Dondokambey, hal ini yang menjadi perhatian Ketua Bidang Organisasi PMI Pusat, Muhammad Musa. Ia mengapresiasi langkah yang dibuat oleh Steven Kandouw.

"Saya dibuat kagum dengan tokoh ini (Steven Kandouw). Dia ini laki laki gentleman, putra Indonesia Sulut yang luar bisa. Dengan tulus ikhlas serahkan kepemimpinannya," ungkap Musa. (dkips/ik).