Selasa, 29 September 2020
109

Pjs. Gubernur Sulut Hadiri Rapat Paripurna DPRD Perdana

Penjabat Sementara (Pjs.) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si menghadiri Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Penyampaian Ranperda Barang Milik Daerah Prov. Sulut dan Ranperda Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah No.4 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Prov. Sulut sekaligus Pemandangan Umum Fraksi terhadap kedua Ranperda tersebut, serta Penyampaian Ranperda Kedudukan Protokoler Pimpinan dan Anggota DPRD Prov. Sulut dan Ranperda Fakir Miskin dan Anak Terlantar Daerah Prov. Sulut, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Prov. Sulut, Selasa (29/09/2020).

Mengingat pandemi Covid-19 saat ini, maka mekanisme rapat paripurna dilakukan dengan memadukan kehadiran secara fisik dan virtual dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Rapat paripurna tersebut dihadiri secara fisik oleh 19 orang dan secara virtual oleh 11orang anggota DPRD, dengan total peserta 30 orang, maka telah memenuhi kuorum untuk melaksanakan rapat paripurna tersebut.

Mengawali sambutannya, Wakil Ketua DPRD Prov. Sulut Victor Mailangkay mewakili pimpinan DPRD Sulut mengucapkan selamat datang di Bumi Nyiur Melambai Prov. Sulut kepada Pjs. Gubernur Sulut.
"Selamat menjalankan tugas, mengemban amanat Undang Undang dan semoga diberikan kekuatan dan kesehatan serta hikmat dan kebijaksanaan selama menjalankan tugas di Prov. Sulut", ucap Wakil Ketua DPRD.

Lebih lanjut Victor menyampaikan bahwa DPRD Sulut selaku mitra Pemprov. Sulut akan selalu siap mendukung kerja-kerja hebat dari Pjs. Gubernur Sulut demi terwujudnya kehidupan masyarakat Sulut yang semakin maju dan sejahtera.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris DPRD Prov. Sulut Glady Kawatu, SH, M.Si. membacakan Surat Masuk dari Gubernur Sulawesi Utara, tertanggal 28 Agustus 2020 perihal penyampaian dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Provinsi Sulawesi Utara; dan Surat Masuk tertanggal 29 Agustus 2020 perihal tanggapan atas dua buah Ranperda Inisiatif DPRD.

Dilanjutkan dengan Penyampaian Penjelasan DPRD Prov. Sulut terhadap Ranperda Kedudukan Protokoler Pimpinan dan Anggota DPRD Prov. Sulut dan Ranperda Fakir Miskin dan Anak Terlantar Prov. Sulut dibawakan oleh Wakil Ketua DPRD Billy Lombok, SH selaku yg mewakili DPRD Prov. Sulut.
Diakhiri dengan pantun "Pulau Bunaken terkenal lama, Sudah lama indah berseri. Selamat datang Pak Gubernur Agus Fatoni, Mari bersama sejahterakan negeri".

Mengawali sambutannya, Pjs Gubernur menyampaikan terima kasih atas sambutan dan penerimaan masyarakat Sulut yang ramah, hangat dan penuh kekeluargaan dalam penugasannya sebagai Gubernur Prov. Sulut.

Pjs. Gubernur merasa bangga dapat menjadi bagian dari masyarakat Sulut.
Untuk itu Fatoni berjanji akan menunjukan rasa bangga dan syukur ini dengan kerja keras dan kerja nyata untuk daerah dan seluruh masyarakat Sulut.

Pjs. Gubernur juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan segenap Anggota DPRD Prov. Sulut atas penyelenggaraan rapat paripurna hari ini dan atas kesempatan yang diberikan untuk menyampaikan sambutan.

Lebih lanjut Pjs. Gubernur menjelaskan bahwa pengajuan dan penyesuaian peraturan daerah terkait dengan pembentukan dan susunan Perangkat Daerah Prov. Sulut adalah karena adanya beberapa perubahan dalam pengaturan di bidang kelembagaan.

Pjs. Gubernur menambahkan pentingnya penetapan keempat Ranperda ini, kemudian membawa pada harapan "DPRD Prov. Sulut dapat turut membahas dan menyempurnakan kajian-kajian yg komprehensif sehingga pada waktunya nanti dapat disepakati bersama dan bahkan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah yg dapat lebih memantapkan kinerja pemerintahan dan menunjang langkah kita dalam melanjutkan pembangunan di daerah ini, daerah yang kita cintai, Sulut ini menuju Sulut Maju untuk Indonesia Maju", pungkas Pjs. Gubernur.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekdaprov. Sulut Edwin Silangen dan Asisten III Setda A. Gammy Kawatu, para Pejabat Esselon II Pemprov. Sulut serta Jajaran Pemprov. Sulut. (Dkips/ik)