Jumat, 04 Desember 2020
113

Pemprov. Sulut Gelar Launching Gerakan Sulut Bermasker, Dihadiri Mendagri Tito Karnavian

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Pjs. Gubernur Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si., menggelar acara Gerakan Sulut Bermasker yang dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia
Bapak Muhammad Tito Karnavian bersama Ketua Umum TP-PKK Ibu Tri Tito Karnavian, di Ruang Mapalus Kantor Gubernur, Jumat (4/10/2020).

Menurut Pjs. Gubernur Fatoni, acara ini dilatarbelakangi masih terdapat 17% masyarakat Sulut yang tidak percaya dengan adanya Covid-19, dan persentase ini menjadikan Sulut menempati urutan ke-2 di Indonesia. Sehingga perlu memberitahukan bahwa memakai masker merupakan cara efektif untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Oleh karena itu acara ini sangatlah bermanfaat bagi masyarakat Sulut yang saat ini masih dalam pandemi.

Dalam sambutannya, Fatoni juga menyampaikan bahwa pembagian masker terus dilakukan secara masif di 15 kabupaten/kota se-Sulut.

"Hingga kini tercatat jumlah masker yang telah disalurkan lewat Gerakan Sulut Bermasker kepada masyarakat Sulut sebanyak 10.747.388 buah masker dari jumlah total masker 11.398.954 buah," ungkapnya.

Pengarahan yang mengedukasi disampaikan secara gamblang oleh Mendagri yang diawali dengan penjelasan pandemi Covid-19, di dalamnya ada struktur virus, proses penyebarannya, cara menghindar dari virus dengan memproteksi diri serta cara mengatasi penyebaran.

Agar dapat membudaya disosialisasikan secara masif untuk tetap memakai masker, di tengah aktivitas sehari-hari.

Launching Gerakan Sulut Bermasker mewujudkan Pilkada aman, damai dan sehat ditandai dengan Pemukulan Tetengkoren (kentungan) oleh Mendagri, Ketua Umum TP.PKK, Pjs. Gubernur Sulut dan Plt. Ketua TP.PKK Prov. Sulut.

Selanjutnya ada Penyerahan ADM secara simbolis oleh Mendagri kepada Walikota Kotamobagu, Bupati Minahasa serta penyerahan paket sembako dan masker oleh Ketua Umum TP. PKK kepada 5 (lima) orang perwakilan yakni Ketua TP. PKK Sitaro, Panti Asuhan, Panti Jompo, Pengurus Gereja dan Pengurus Majelis Ta'lim.

Sangatlah membahagiakan di akhir masa jabatan sebagai Pjs Gubernur Sulut Fatoni, boleh mendatangkan Mendagri menggelorakan sulut bermasker, yang intinya peduli, empati dalam menyelamatkan Rakyat Sulut dengan tetap melakukan protokol kesehatan (prokes).

Turut hadir dalam acara tersebut, Plt. Ketua TP-PKK Prov. Sulut, Ibu Tyas Fatoni, Dirjen Keuangan Daerah, Dirjen. Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri RI, Anggota TP-PKK Pusat, Pejabat Kedubes Singapura, Forkopimda Sulut dan Ketua Organisasi Istri Forkopimda, Sekretaris Daerah Prov. Sulut, Bupati dan Walikota se-Sulut, Ketua PKU Prov. Sulut, Ketua BawasluProv. Sulut, Kepala Biro Adpim Kemendagri RI, Anggota DWP Prov. Sulut, Asisten Administrasi Umum Sekdaprov, Kepala Perangkat Daerah di Lingkup Pemprov. Sulut, Presidium dan Pengurus FKUB. (Dkips/ik)