Nasihat Gubernur Olly untuk Purna Praja IPDN Angkatan 29 : Hati-hati Bekerja, Belajar Baik-baik

Tuesday, 09 August 2022

 

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan para Purna Praja yang lulus dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah langkah awal dalam berkarier. Menurutnya butuh kerja keras dan integritas bila ingin sukses ke depan.

Hal itu disampaikan Gubernur Olly saat menghadiri kegiatan penerimaan CPNS lulusan IPDN Angkatan XXIX (29) dan penyerahan nota dinas penempatan sementara dalam rangka orientasi tugas yang digelar di Ruang C.J. Rantung Kantor Gubernur, Selasa (9/8/2022).

Para Purna Praja tersebut akan melaksanakan orientasi tugas di lingkungan Pemprov Sulut selama lebih kurang satu tahun sebelum penempatan.

Olly mengaku gembira dan tentunya menyambut baik pelaksanaan acara tersebut, seraya mengucapkan selamat memasuki dunia kerja dan mengabdikan diri bagi daerah dan bangsa kepada para Purna Praja IPDN Angkatan 29.

“Orientasi itu adalah masa kita belajar. Jadi jangan merasa karena sudah tamat belajar, maka sudah selesai, tidak. Masih ada orientasi lagi satu tahun,” ujar Gubernur.

“Makanya kalian harus hati-hati bekerja, belajar baik-baik. Supaya harapan-harapan dari orang tua, keluarga dan saudara kalian dapat berjalan dengan baik,” sambungnya.

Gubernur kemudian berpesan agar para Purna Praja terus belajar, sehingga masa Orientasi Tugas di lingkungan Pemprov Sulut dapat dijalani dengan baik dan optimal.

“Kalian juga harus melihat ke bawah, jangan hanya ke atas. Maksudnya, jangan di masa orientasi ini, kalian ingin langsung punya jabatan ataupun posisi yang tinggi. Ini perlu kalian ingat, karena setiap orang ada saatnya, ada masanya,” jelas Gubernur.

“Jadi kalian harus belajar baik-baik, karena semuanya ini adalah proses yang harus dijalani hingga berada di titik yang kalian harapkan,” tambahnya.

Gubernur mengungkapkan, jalan hidup yang dipilih para Purna Praja untuk menjadi PNS, yang mana tugas utamanya yaitu mengabdi kepada negara serta melayani masyarakat, haruslah dijalankan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab.

“Dasar kesuksesan kita ada di saat waktu awal kerja, layaknya masa orientasi. Kalau kita bekerja baik, berprestasi, pasti kedepannya akan sukses,” timpalnya.

Terakhir, Gubernur menuturkan bahwa dalam setiap bidang pekerjaan, semakin hari persaingan semakin ketat. Untuk itu, Gubernur meminta agar para Purna Praja untuk terus mengembangkan potensi diri, termasuk dalam menjaga kerja sama yang baik dalam suatu organisasi.

“Potensi dikembangkan, Pemprov Sulut menyiapkan apa yang kalian perlukan, dalam rangka meningkatkan sumber daya aparatur di Sulut,” katanya.

“Harapannya pelayanan masyarakat bisa lebih baik, agar masyarakat terbantu dan ekonomi Sulut lebih maju,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala BKD Sulut Clay Dondokambey dalam laporannya menerangkan bahwa Lulusan IPDN Angkatan 29 seluruhnya berjumlah 63 orang, dengan 58 orang diterima melaksanakan Orientasi Tugas di Pemprov Sulut.

“Dua orang di Kementerian Dalam Negeri RI sekaligus mengikuti program Beasiswa LPDP, dan tiga orang yang merupakan afirmasi di Pemprov Kalimantan Barat, Pemprov Maluku dan Pemprov Maluku Utara,” katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Sulut. (dkips).

Kategori

Back To Top