Jumat, 11 September 2020
124

Gubernur Olly Resmikan Laboratorium Molekular Unsrat, Terbesar Di Indonesia Timur

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey melakukan peresmian Laboratorium Molekular Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), di Gedung Poliklinik Unsrat, Jumat (11/09/2020).

Gubernur Olly mengatasnamakan Pemerintah Provinsi dan Masyarakat Sulawesi Utara mengucapkan selamat atas diresmikannya Laboratorium Molekular Universitas Sam Ratulangi.
“Hadir dan beroperasinya Laboratorium Molekular ini tentunya sangat disambut gembira oleh Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat di Sulawesi Utara, terlebih di masa pandemi covid-19 yang sampai sekarang penangannya masih terus diupayakan", jelas Gubernur.

Laboratorium Biomolekuler tersebut berstandar Biosafety Level 2 plus WHO. Merupakan yang terbesar se-Indonesia Timur, mampu memeriksa sebanyak 1.000 sampel Covid-19 per hari dan dioperasikan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang telah tersertifikasi internasional dan diakui oleh CDC US dan WHO.

Di kesempatan ini juga Gubernur menyampaikan bahwa jumlah masyarakat Sulawesi Utara yang terpapar dan terdampak covid-19 masih mengalami peningkatan, namun demikian kita patut bersyukur karena pasien yang sembuh juga semakin banyak. Pasien yang dirawat di Rumah Sakit tinggal sedikit, sebagian tinggal isolasi mandiri.

Lebih lanjut Gubernur menyampaikan bahwa dengan komitmen tinggi, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sampai saat ini masih menerapkan kebijakan pembatasan terhadap aktivitas atau kegiatan-kegiatan sosial di tengah kehidupan masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Gubernur menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap melaksanakan physical distancing, mematuhi protokol kesehatan dalam setiap pergerakan, serta terus membudayakan pola hidup sehat dan bersih. Karena upaya penanganan kasus covid-19 ini harus dilakukan secara bersama-sama, saling mendukung agar penanganannya lebih cepat dan optimal.

Atas dukungan Unsrat yang semakin terlibat dalam penanganan pandemi covid-19 di Sulut. Gubernur mengapresiasi dan juga berharap Laboratorium Molekular Unsrat mampu memberikan dukungan terhadap peningkatan kualitas penanganan kasus covid-19 di daerah ini.

"Kiranya kita akan bersama-sama terus dalam menangani pandemi covid-19, hingga daerah Provinsi Sulawesi Utara tercinta pulih dari covid-19, dan keadaan kembali seperti sedia kala, menjalani kehidupan tanpa dihantui rasa cemas akan terpapar covid-19,” tutur Gubernur Olly.

Akhir kata Gubernur menyampaikan
"Di luar penanganan covid-19, saya berharap Laboratorium Molekular Unsrat ini akan mendukung penelitian mahasiswa di lingkungan Unsrat, maupun mahasiswa di luar Unsrat, dalam langkah menciptakan SDM-SDM unggul, menjadikan Sulut yang lebih hebat, dan menjaga eksistensi Sulut sebagai pintu gerbang Indonesia di Kawasan Pasifik", pungkasnya.

Hadir dalam peresmian tersebut Sekprov Edwin Silangen dan Rektor Unsrat Ellen Kumaat beserta civitas akademika. (Dkips/ik)