Kamis, 23 September 2021
172

Gubernur Olly Pimpin Upacara Peringatan Provinsi Sulut HUT Ke-57

 


Manado - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam Upacara Peringatan Provinsi Sulut HUT Ke-57 Tahun 2021 di Halaman Kantor Gubernur Sulut, Kamis (23/9/2021).

Acara yang dihadiri wagub Steven kandouw, forkopimda, Anggota DPR/DPD RI, Konsul jendral Filipina di manado masing- masing bersama Ibu

Dalam amanatnya, Gubernur Olly Dondokambey mengatakan bahwa dalam setahun ini telah banyak upaya dan terobosan yang telah dilakukan Pemprov Sulut guna menggenjot pertumbuhan ekonomi khususnya di tengah pandemi Covid-19 agar tidak lumpuh.

"Mulai dari menggalakkan Gerakan Mari Jo Bakobong, bersinergi membuka direct call dari Manado ke Narita (Jepang) dalam upaya meningkatan kinerja ekspor komoditi pertanian dan perikanan, melakukan pengelolaan potensi bahan lokal untuk pengembangan UMKM, hingga pemanfaatan dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional-red)," ujar Gubernur.

"Semua sektor pembangunan tetap berjalan dan tidak stagnan, begitupun pengerjaan proyek-proyek strategis maupun program prioritas nasional yang berlokasi di Sulut, termasuk pengerjaan KEK Likupang," bebernya.

Gubernur mengungkapkan, apresiasi dan prestasi terus menghampiri Pemprov Sulut karena ketangguhan, kerja keras dan kerjasama yang telah ditunjukkan oleh semua pihak, yang terlihat dari sederet raihan progres maupun capaian kerja.

"Semua ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik di antara Pemprov Sulut, Forkopimda Sulut, seluruh Bupati/Walikota dan Wabup/Wawali se-Sulut, serta jajaran birokrasi di Sulut," jelasnya.

"Mari sama-sama kita lanjutkan perjuangan kita, kita lancarkan setiap kegiatan secara apik untuk Sulut maju dan sejahtera sebagai pintu gerbang di kawasan Asia Pasifik," ajaknya.

Sebelumnya, Gubernur Olly mengatakan semua elemen masyarakat Sulut patut mengenang dan merenungi peristiwa yang terjadi dalam kurun waktu terakhir baik suka maupun duka, khususnya terkait berpulangnya dua mantan pemimpin daerah di Sulut, yakni mantan Gubernur Sinyo Harry Sarundajang yang wafat pada 13 Februari 2021 yang kemudian disusul mantan Wakil Gubernur Abdullah Mokogintang pada 6 Agustus 2021.

"Keduanya adalah figur-figur kebanggaan pemerintah dan masyarakat Sulut, sosok-sosok yang telah memberi pengaruh besar dalam perjalanan kemajuan daerah," tuturnya.

Sebagai bentuk penghormatan atas dedikasi, komitmen, serta jasa-jasa, para pemimpin terdahulu di masa kepemimpinannya, menjelang peringatan HUT Sulut tahun ini Gubernur Olly dan Wagub Steven bersama jajaran Pemprov Sulut melakukan ziarah ke makam para mantan Gubernur dan Wakil Gubernur, baik yang berada di dalam daerah yakni di Manado, Minahasa Utara dan Minahasa, hingga yang ada di luar daerah yaitu Gorontalo dan Jakarta.

Meskipun diselenggarakan secara terbatas karena penerapan protokol kesehatan mengingat kondisi pandemi Covid-19 saat ini, Upacara Peringatan HUT Sulut yang dapat diikuti oleh khalayak umum secara virtual lewat kanal YouTube Pemprov Sulut tetap berjalan dengan penuh khidmat.

Turut Hadir Sekdaprov Sulut Edwin Silangen bersama Ibu, para Bupati/Walikota dan Wabup/Wawali se-Sulut, para pimpinan maupun perwakilan instansi vertikal hingga perbankan, serta para pejabat Eselon II di tingkat Pemprov Sulut. (dkips/ik).