Jumat, 20 November 2020
66

Gelar Konferensi Kerja, Pjs. Gubernur Apresiasi PWI Sulut dalam Jaga Eksistensi dan Ajak Dukung Pembangunan

PWI diharapkan dapat ikut bersinergi memajukan program-program pembangunan pemerintah daerah, seperti meningkatkan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat, serta daya saing daerah. Hal tersebut disampaikan oleh Pjs. Gubernur Sulawesi Utara, DR. Drs. Agus Fatoni, M.Si, saat menghadiri Konferensi Kerja Provinsi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara yang digelar di ruang C.J. Rantung Kantor Gubernur, Kamis (19/11/2020).

Pjs. Gubernur Fatoni menilai, konferensi kerja tersebut sangatlah penting untuk disukseskan melalui sharing program dan konsolidasi, yang menurutnya dapat menghasilkan beberapa hal, yakni tersusunnya agenda kerja yang semakin konstruktif bagi eksistensi PWI Sulut.

"Kiranya konferensi kerja ini dapat menjadi konsolidasi penyusunan program yang kemudian dapat menyiapkan langkah-langkah dalam rangka kemajuan profesi wartawan di Sulawesi Utara," harap Fatoni.

Fatoni juga memberikan apresiasi kepada PWI Sulut yang terus berusaha menjaga eksistensi organisasi dalam upaya mendukung pembangunan daerah di Sulawesi Utara. Mengingat keberadaan yang ada di daerah, menurut Fatoni masih bisa dikatakan relevan jika PWI ikut bersama-sama mewujudkan tujuan dari penyelenggaraan pemerintah daerah tersebut.

Fatoni turut mengajak segenap anggota PWI Sulut untuk terus membenahi diri dalam menghadapi tantangan global yang saat ini semakin kompleks dan dinamis, terlebih terkait dengan pandemi Covid-19, yang diharapkan pemerintah dapat ditangani lewat sinergi yang baik dari seluruh pihak.

“Tetap semangat dan selalu ajak masyarakat untuk terus patuh menjalankan protokol kesehatan, yakni memakai masker selama berada di luar rumah, mencuci tangan sesering mungkin dan menjaga jarak, hingga menjaga daya tahan tubuh dengan melalui perilaku hidup sehat,” ajak Fatoni.

Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari dalam kesempatannya, menyampaikan bahwa terkait dengan Program Kerja PWI di daerah yang dilakukan, diharapkan sebagian besar program di dalamnya adalah berterkaitan dengan pendidikan dan pelatihan.

“Organisasi ini perlu secara terus menerus untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme dan kompetensi anggota. Saya kira salah satu wujudnya adalah program pendidikan kompetensi,” ungkap Ketum PWI.

Menanggapi hal itu, Ketua Panitia Konfrontasi Daerah PWI Sulut, Aswin Lumintang melaporkan bahwa dalam masa kepemimpinan Foke Lontaan, PWI Sulut telah menggelar Kegiatan Uji Kompetensi sebanyak 26 kali.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Staf Ahli Ferry Sangian, Ketua PWI Sulut Foke Lontaan, Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Sulut Jimmy Senduk, dan Ketua Bidang Organisasi PWI Sulut Aswin Lumintang, serta para pengurus dan anggota PWI Sulut. (dkips/ik).