Rabu, 14 April 2021
74

Dibuka Wagub Steven, Uji Kompetensi Keahlian SMK se-Sulut Dimulai

Manado - Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun Pelajaran 2020/2021 se-Sulawesi Utara dimulai. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, di SMK Negeri 3 Manado, Selasa (13/4/2021).

Pelaksanaan UKK didasarkan pada Pedoman Penyelenggaraan UKK SMK Tahun 2021, yang meliputi berbagai bidang keahlian. Kompetensi keahlian SMK ini telah melalui tahap verifikasi yang terbagi 3 kategori, yaitu menghasilkan SMK sangat layak, layak dan tidak layak sebagai penyelenggara UKK.

“Bidang keahlian yang diujikan yaitu bidang keahlian teknik konstruksi, teknik komputer jaringan dan radio, teknik listrik, pertambangan dan alat berat industri dan mekatronika, keperawatan sosial, kesenian, kehutanan, perikanan, serta bisnis dan niaga,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulut Grace Punuh dalam laporannya.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Wagub Steven Kandouw menyampaikan rasa salut dan bangganya atas terselenggaranya Uji Kompetensi Keahlian ini. Ia mengungkapkan, hal ini dikarenakan pemerintah pusat saat ini sangat memberi perhatian khusus kepada pendidikan vokasi.

"Apresiasi dan terima kasih Saya sampaikan kepada seluruh penyelenggara dan stakeholder pendidikan terkait yang telah melakukan segala bentuk persiapan dengan baik. Ini tentunya menjadi bentuk kepada program pemerintah yang fokus pada pendidikan vokasi, pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Ini menjadi road-map pendidikan dan telah di-underline oleh pemerintah pusat," ujar Wagub Steven.

“Pendidikan vokasi diasumsikan merupakan jalan pintas untuk kita menghasilkan anak-anak bangsa yang terdidik, serta ahli dan cakap dalam segala aspek. Karena melalui  pendidikan vokasi, dapat tercipta suatu mekanisme rekruitmen SDM yang praktis, singkat dan mumpuni,” sambungnya.

Untuk itu Wagub Steven menjelaskan, pelaksanaan UKK bertujuan agar para peserta didik mendapat suatu gelar atau status sebagai SDM yang siap pakai, yang tidak menutup kemungkinan berguna untuk dapat melanjutkan ke tingkatan pendidikan yang lebih tinggi.

"Ini sesuai dengan road-map Gubernur Olly Dondokambey, Pemprov Sulut akan terus melakukan upaya peningkatkan kualitas SDM, termasuk melalui sektor pendidikan," ungkapnya.

Wagub kemudian mengajak penyelenggara dan stakeholder terkait untuk terus berupaya dalam bersama-sama memajukan kualitas pendidikan di Bumi Nyiur Melambai.

“Mari kita dorong, kita endorse dunia pendidikan kita, supaya lebih mantap dalam bersaing dengan daerah-daerah lain,” ajak Wagub.

Wagub juga mengajak seluruh peserta Uji Kompetensi Keahlian, untuk terus bersemangat dalam dalam mengikuti kegiatan.

“Tetaplah dan teruslah bersemangat. Tataplah masa depan cerah dengan penuh harapan," ujar Wagub memotivasi.

"Seperti ada ungkapan, Banyak Jalan Menuju Roma. Selagi kita terus berusaha dan pantang menyerah, kita capai eksistensi masa depan melalui pendidikan vokasi yang saat ini sangat diandalkan di negara kita ini,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Sulut Andi Silangen dan para pejabat lingkup Pemprov Sulut. (dkips/ik).