Jumat, 03 Desember 2021
96

Buka Rapim EPRA, Wagub Steven Minta Fokus Tingkatkan Kinerja Realisasi Anggaran

 


Manado – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw membuka Rapat Pimpinan Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) dan Program Kegiatan APBD dan APBN di Perangkat Daerah Provinsi Sulut dan Instansi Vertikal, Jumat (3/11/2021).

Dalam arahannya, Wagub Steven mengungkapkan bahwa Rapat Pimpinan EPRA ditujukan untuk menggali informasi terkait kinerja capaian penyerapan dan realisasi anggaran, beserta permasalahan, dinamika, peluang, maupun tantangan yang ada di dalamnya.

“Realisasi anggaran merupakan salah satu indikator penting suksesnya penyelenggaraan pembangunan, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengawasan hingga evaluasi,” jelas Wagub.

“Untuk itu kiranya Rapim EPRA dapat kita optimalkan agar nantinya dapat memberikan output dan income dalam bentuk peningkatan kinerja realisasi anggaran,” harapnya.

Rapat tersebut membahas progres realisasi anggaran dan program kegiatan baik itu APBD maupun APBN di Perangkat Daerah Provinsi Sulut serta instansi vertikal yang ada di Sulut. Hal-hal yang dibahas antara lain yaitu seputar optimalisasi pendapatan dan realisasi belanja daerah, penyerapan anggaran, serta pembiayaan daerah Tahun Anggaran (T.A.) 2021.

Sebelumnya, dalam laporannya Karo Administrasi Pimpinan Abdullah Mokoginta
menerangkan bahwa kinerja APBD Provinsi Sulut per 30 November 2021 telah mencapai realisasi keuangan sebesar 3,33 triliun rupiah, atau sebesar 66,86 persen dari total Pagu APBD Provinsi yang ada di angka 4,99 triliun rupiah.

“Sementara untuk Dana Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan, realisasinya telah mencapai angka 145,09 miliar rupiah, atau 87,62% dari total Pagu 165,59 miliar rupiah,” imbuhnya.

Hadir mendampingi Wagub, Kepala BPKP Perwakilan Sulut Beligan Sembiring dan Sekdaprov Gamy Kawatu. Kegiatan ini turut diikuti seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Unit Kerja lingkup Pemprov Sulut. (dkips/ik).