Taman Hutan Raya Gunung Tumpa

Haloo guyss.. Sesuai janji saya, saya bakal posting tempat-tempat wisata yang saya kunjungi di provinsi Sulawesi Utara. Nah.. ngomong2, ini adalah postingan saya yang pertama loh.. Saya kali ini mengunjungi sebuah objek wisata baru di Sulawesi Utara, yang sementara dalam proses pembangunan. Nama tempatnya ialah Taman Hutan Raya Gunung Tumpa.

Namun, sebelum kita lebih jauh mengenal tempat wisata ini, sebaiknya kita harus tahu rincian dari tempat wisata ini. Taman Hutan Raya Gunung Tumpa merupakan Wilayah konservasi kawasan hutan lindung yang ada di Manado. Letaknya berada di Kelurahan Tongkeina, Meras dan Molas, Kecamatan Bunaken. Tempat ini berada di perbukitan Tongkaina, yang memiliki tinggi sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Tempat ini pernah dipakai untuk mengadakan lomba paralayang yang diikuti oleh banyak peserta.

Ok.. kali ini mari kita bahas bagaimana caranya untuk bisa sampai ke tempat wisata ini hehehe... Kali ini, saya mencoba untuk berangkat dari pusat kota Manado. Lama perjalanan hingga sampai ke tempat wisata ini memerlukan waktu sekitar 1 jam. Dan jarak yang ditempuh dari pusat kota sampai ke tempat wisata ini kira2 11 kilometer. Dari daerah pusat kota Manado, kita bergegas melewati daerah pecinan di kota Manado, kemudian kita lanjutkan melewati jembatan Megawati, lalu mengikuti jalur kecamatan Tuminting. Setelah kita melewati kecamatan Tuminting, kita akan melewati kelurahan Bailang.

Kita kemudian melanjutkan perjalanan kita melewati Jl. Raya Bailang, sampai beberapa kilo hingga kita sampai di Jl. Molas-Tongkeina. Dari situ, kita masih harus melewati Jl. Raya Meras. Nahh.. perjalanan kita sudah tidak jauh lagi guys.. di daerah Jl. Raya Meras, kita akan menemui sebuah pertigaan, di situ kita akan mendapati papan petunjuk untuk belok kanan menuju objek wisata Gunung Tumpa.

Yess perjalanan kita sudah tidak jauh lagi guys.. Kita belok kiri dari pertigaan tadi, kemudian kita akan melewati pemukiman penduduk sekitar. Tidak jauh, kita akan segera menaiki bukit demi bukit yang ada di situ. Saya hanya menyarankan bagi yang ingin menaiki bukit ini dengan kendaraan agar berhati-hati, karena kondisi jalan masih belum diaspal (alias masih jalan tanah), disebabkan masih dalam proses pembangunan. Perjalanan yang cukup berat waktu saya ke sana, menyebabkan saya memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk bisa sampai di puncaknya memakai kendaraan beroda dua.

Yupp.. setelah melewati medan yang cukup berat, akhirnya saya bisa sampai di objek wisata Taman Hutan Raya Gunung Tumpa. Saat kita sampai di gerbang Gunung Tumpa, kita wajib lapor kepada pihak satpam, untuk mengisi buku tamu. Untuk jam buka tempat wisata ini, dibuka sekitar jam 8 pagi dan tutup sekitar jam 5 sore. Untuk sementara, karena mungkin masih dalam pembangunan, maka bagi pengunjung yang ingin masuk, belum dikenakan biaya apapun.

Okaayy guyss... Kita sudah lihat seperti apa objek wisata baru Gunung Tumpa ini, yang masih dalam proses pembangunan. Kita sama2 berharap, proses pembangunan dapat berjalan dengan lancar, agar para wisatawan dapat segera mengunjungi daerah wisata ini, karena tentunya memiliki potensi yang begitu besar bagi kemajuan pariwisata Sulawesi Utara, terutama Manado.

Sampai disini dulu postingan saya yang pertama tentang Taman Hutan Raya Gunung Tumpa. Semoga bisa jadi menjadi referensi tempat wisata anda ke depan yaa hehehe.. Ingat, jaga kebersihan setiap tempat yang anda kunjungi guys..