Air Terjun Spawandi Rumoong Bawah

Obyek wisata Air Terjun Spawandi berlokasi di Perkebunan Spawandi, Desa Rumoong Bawah Kecamatan Amurang Barat Kabupaten Minahasa Selatan Provinsi Sulawesi Utara.

Air terjun alam ini memiliki ketinggian sekitar 25-28 meter dan dilalui Sungai dari hutan hujan (rain forest) dengan Lebar normal 5-6 meter (tergantung volume air dan curah hujan), Ketinggian permukaan sekitar 50 mdpl.

Akses

Pengunjung dapat menggunakan transportasi yang mampu melewati jalan/area perkebunan misalnya sepeda motor atau bisa menggunakan jasa ojek untuk mencapai lokasi ini.

Dari pusat kota Amurang menuju Desa Rumoong Bawah, pengunjung dapat menggunakan transportasi ojek, dari perkampungan, pengunjung dapat jalan kaki sampai ke lokasi perkebunan Spawandi sekitar 7 km bisa juga menggunakan sepeda motor yang dapat melewati areal perkebunan, selanjutnya Dari perkebunan jalan kaki menyusuri sungai kecil sekitar 400 meter sampai ke objek Air Terjun Spawandi.

Sebelum menuju ke lokasi air terjun Spawandi, Pengunjung wajib melapor pemerintah setempat, serta memasukan daftar nama pengunjung dan memperlihatkan KTP. Jika diperlukan, bisa mohon bantuan warga untuk mengantar ke lokasi. Jika butuh penginapan, bisa menghubungi pemerintah setempat. Dan wajib mematuhi larangan, antara lain sebagai berikut :

  • Dilarang ribut di lokasi air terjun.
  • Dilarang mabuk-mabukan
  • Dilarang berbuat asusila
  • Dilarang membuang sampah di lokasi air terjun maupun di area perkebunan
  • Dilarang menginap atau membuka tenda (camping) di sekitar perkebunan (bahaya ancaman luapan air sungai dan atau serangan hewan liar).
  • Dilarang merusak tumbuhan dan bebatuan.
  • Dilarang mencoret batu dan atau pohon.

Bersahabatlah dengan alam agar alam bersahabat dengan kita.