”Terwujudnya Masyarakat Sulawesi Utara Mandiri untuk Hidup Sehat"

GAMBARAN UMUM :
PEMBANGUNAN KESEHATAN DAEARH
- Visi
PENCAPAIAN PEMB. KESEHATAN
UPAYA PELAYANAN KESEHATAN
SUMBERDAYA KESEHATAN
INFORMASI LAIN

UPAYA PELAYANAN KESEHATAN

Pertolongan Persalinan oleh tenaga Kesehatan
dengan Komptensi Kebidanan.

Komplikasi dan kematian ibu maternal serta bayi baru lahir sebagian besar terjadi pada masa sekitar persalinan, hal ini antara lain disebabkan pertolongan tidak dilkaukan oleh tenaga kesehatan yang mempunyai kompetensi kebidanan (professional). Pada grafik terlihat cakupan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan menurut kabupaten/kota tahun 2008 dengan cakupan tertinggi adalah Kabupaten Bolmong (98.2%), sedangkan cakupan terendah adalah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (57.51%). Secara Provinsial, cakupan pertolongan oleh tenaga kesehatan adalah 80.92%.


Angka-angka di atas cukup baik dibandingkan dengan target nasional yaitu 60 %, juga ketika membandingkan dengan data SDKI 2007, dimana dari seluruh kejadian kelahiran hidup, hanya 55 % yang ditolong di lokasi / fasilitas kesehatan, yaitu 26.6 % di fasilitas kesehatan pemerintah dan 28.4% di fasilitas swasta. Berdasarkan SDKI 2007, persentase distribusi penolong persalinan dari yang ditolong di fasilitas kesehatan adalah seperti pada gambar di bawah.

Dari gambaran di atas terlihat bahwa persentase terbanyak penolong persalinan adalah Bidan/ perawat/bidan desa, yang memperlihatkan bahwa peranan mereka sangat besar dalam menekan angka kematian ibu maternal.

back
copy right ©2010
UPTD Pengembangan Sistem Informasi dan Telematika
Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Utara
Jalan 17 Agusutus No. 69 ; Telepon : (0431) 865559 ext 176
email : dishubkominfo@sulut.go.id